Awass!!! Ini Faktor Resiko Penyakit Gondongan Pada Wanita Dewasa

Penyakit Gondongan Pada Wanita Dewasa

Penyakit Gondongan Pada Wanita Dewasa – Penyakit gondongan merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja, baik seorang wanita, pria, dewasa maupaun anak-anak. Seseorang yang mengalami gondongan ini biasanya akan mengalami pembengkakan pada leher atas sampai ke bagian pipi bawah. Tentunya dengan pembengkakan ini akan sangat membuat tidak nyaman dan rasa sakit serta akan mengganggu aktivitas Anda dalam sehari-hari.

Penyakit Gondongan Pada Wanita Dewasa

Seperti yang telah kita ketahui, jika penyakit gondongan bisa terjadi kepada siapa saja termasuk kepada seorang wanita. Lalu apakah akan ada pengaruh atau dampak khusus jika gondongan terjadi pada seorang wanita? Pada artikel kali ini kami akan membahasa secara tuntas mengenai faktor resiko penyakit gondongan pada seorang wanita.

Faktor terjadinya penyakit gondongan ini disebabkan virus paramyxovirus, yang mana virus ini penyebarannya hampir mirip dengan virus flu. Dengan istilah lebih jelasnya, penyakit gondongan ini merupakan penyakit yang dapat menular.

Virus penyebab gondongan ini menyerang dengan masuk ke dalam saluran pernapasan dan selanjutnya virus tersebut akan terus berkembang dan pada akhirnya akan menuju ke kelenjar parotid. Pada saat berada di dalam kelenjar parotid, virus tersebut akan terus berkembang biak dan pada akhirnya berinkubasi dalam jangka waktu empat belas hingga dua puluh lima hari.

Awal mulanya penyakit gondongan akan diawali dengan gejala biasanya seperti demam, mengalami sakit kepala, merasakan nyeri otot, akan kehilangan nafsu makan, merasakan nyeri rahang belakang, merasakan nyeri saat mengunyak dan akan merasakan sulit membuka mulut.

Faktor resiko seseorang wanita untuk terserang penyakit gondongan mungkin lebih kecil jika dibandingkan dengan seorang pria. Dan komplikasi yang mungkin akan terjadi pada seseorang wanita lebih berbahaya, diantara komplikasi yang mungkin akan terjadi diantara lain adalah peradangan payudara dan terjadi peradangan pada indung telur.

Tetapi seseorang wanita yang sedang hamil memiliki fakto resiko yang lebih tinggi ketika seorang wanita tersebut sedang hamil. Hal ini dikarenakan infeksi virus gondongan jika terjadi pada trimester pertama kehamilan dapat mengakibatkan ke cacatan bawaan pada janin yang dikandung.

Komplikasi Gondongan Pada Seorang Wanita

Jika gondongan tidak segera diobati, maka tidak akan menutup kemungkinan dapat menyebabkan komplikasi. Untuk penjelasan lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa komplikasi penyakit gondongan pada seorang wanita dewasa:

  • Peradangan Pada Ovarium.
    Masalah kesehatan yang biasa terjadi pada seorang wanita adalah peradangan ovarium. Ternyata peradangan ovarium bisa disebabkan oleh penyakit gondongan. Mekanisme terjadinya radang ovarium yang disebabkan oleh gondongan ini yaitu ketika virus mumps mulai menyebar dan masuk ke dalam daerah organ reproduksi wanita. Ketika virus mump sudah mencapai ovarium, virus tersebut akan menginfeksi sehingga menyebabkan terjadi peradangan. Dan perlu Anda diperhatikan bahwa peradangan yang terjadi pada ovarium tidak akan menyebabkan kemandulan. Tetapi terjadinya Kasus peradangan pada ovarium yang diakibatkan gondongan terbilang sangat jarang unutk terjadi.
  • Pankreatitis.
    Penyakit gondongan pada wanita dewasa juga dapat menyebabkan Pankreatitis, kondisi ini merupakan adanya peradangan yang terjadi pada pankreas. Jika seseorang mengalami peradangan pankreatitis, maka seorang penderita tersebut akan merasakan sakit pada perut bagian atas, merasakan mual dan akan mengalami muntah-muntah. Virus mumps akan menyerang ke daerah pankreas jika virus mump tersebut sudah berhasil masuk ke dalam pencernaan.

Selain komplikasi seperti yang telah kami sebutkan diatas, penyakit gondongan pada wanita dewasa juga dapat menyebabkan meningitis, ensefalitis, penurunan peradangan. Komplikasi tersebut tidak akan terjadi jika Anda segera mengobati gondongan dengan cepat.

Itulah penjelasan tentang faktor resiko penyakit gondongan pada wanita dewasa. Sampai disini untuk pembahasan kali ini semoga bermnafaat dan sampai berjumpa di artikel kesehatan yang lainya

Di tulis oleh:
obatgondokberacun.web.id

Baca Juga:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *